Friday, June 26, 2020

Anak Generasi Maju bersiap menghadapi "New Normal"

Assalamualaykum

Bundaa, sudah tiga bulan lebih ya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda Indonesia dan hampir di seluruh dunia. Selama itu pula segala kebiasaan dan kegiatan sehari-hari berubah total dikarenakan keharusan kita #dirumahaja atau Lockdown.

Pusing, jenuh dan bingung untuk mencari kegiatan dan aktivitas yang menyenangkan dan bisa sekaligus menstimulasi perkembangan si kecil.
Tetapi, sebagai Mombassador SGM Eksplor saya terus berupaya menemukan kegiatan dan ide yang menarik untuk dilakukan oleh anak.


Setelah menjelajah internet, saya menemukan sumber yang banyak memberikan solusi dan saya mulai terbantukan dengan informasi dari website https://generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda dan juga informasi dari sosial media Facebook Aku Anak SGM dan IG @akuanaksgm

Saya jadikan Aku Anak SGM sebagai sumber referensi utama dalam mencari informasi terkait aktivitas kegiatan yang menyenangkan untuk si kecil dan sekaligus bisa mengasah potensi prestasi si kecil.


Tahukah bunda, apa saja sih potensi prestasi si kecil yang perlu diraih si kecil?
1. Berpikir Kreatif, agar si kecil terstimulasi mencari caranya sendiri yang bisa dilakukan dalam mengerjakan kegiatan aktivitas tertentu
2. Tumbuh kembang, fisiknya tumbuh sesuai dengan grafik pertumbuhan
3. Mandiri, mampu melakukan setiap aktivitas sendiri tanpa dibantu
4. Supel, mudah berteman akrab dengan siapa saja
5. Percaya diri, berani mengekspresikan keinginan dan tampil didepan umum.

Nah, sambil berselancar di website generasimaju.co.id, saya menemukan suatu ide aktivitas seru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya, yaitu bercocok tanam. Wah, seru banget lho, di website tersebut diajarkan cara menanam beberapa tanaman, seperti tomat, taoge, kentang, cabai dan jahe.


Caranya pun cukup mudah untuk dipraktekkan bersama si kecil. Bunda mau tahu juga caranya? Boleh lho dilihat di https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda/galeri-content?slug=mengajak-si-kecil-berkebun-sambil-belajar-cara-membuat-pot-sederahana


Sekarang sedang marak diperbincangkan tentang isu The New Normal Concept yang akan diterapkan oleh pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum selesai, entah apakah akan benar diimplementasikan atau hanya sekedar wacana saja.

Yang terpenting dari itu semua adalah kesiapan kita sebagai orangtua untuk melindungi keluarga. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, sering cuci tangan, sedia hand sanitizer.

Menerapkan aturan berinteraksi dalam berkegiatan diluar rumah, dan ritual yang harus dilakukan saat tiba dirumah, seperti mencuci tangan, mengganti baju dan sebagainya.

Dari semua itu, penting sekali untuk tetap mencukupi asupan makanan bergizi dan nutrisi yang tepat serta tercukupi dengan menambah susu SGM Eksplor dua gelas perhari di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.


Selain itu, dalam menghadapi New Normal, kita perlu memperbanyak baca artikel yang ada di www.generasimaju.co.id untuk menambah wawasan, ilmu dan inspirasi terutama mengenai tumbuh kembang, nutrisi dan pola asuh anak yang baik.

Terlepas dari itu semua, kita harus tetap semangat, optimis dan harus selalu memiliki motivasi positif dan mengambil hikmah dari pandemi ini adalah semakin eratnya hubungan dalam keluarga karena kebersamaan.

#SGMEksplor
#BersatudanKuat
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi








Tuesday, June 16, 2020

Kenangan Anak Generasi Maju berLebaran #DirumahAja

Assalamualaykum

Lebaran 2020 ini penuh dengan cerita. Akibat dari wabah pandemik Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) membuat kita semua harus Lockdown atau #DirumahAja dan menyisakan kenangan tersendiri.


Sangat terasa perbedaannya saat Lebaran ini, silaturahmi yang biasanya selalu dilakukan dengan keluarga besar dengan berkumpul bersama-sama, kini hanya lewat virtual, melalui panggilan video dan fasilitas daring lainnya.

Anak-anak yang biasanya bermain dan berkumpul dengan saudara jauh, hanya bisa bermain dirumah saja.


Walau begitu, sebagai Mombassador SGM Eksplor saya harus tetap memberikan kegiatan yang positif yang dapat menstimulasi otak untuk mengasah potensi prestasinya.

Dalam keadaan pandemik ini, perjuangan pahlawan garda terdepan sangat perlu diapresiasi dan saya mengajarkan anak saya agar menghargai jasa tim paramedis dengan cara membuat kartu ucapan sebagai dukungan terhadap perjuangan pahlawan garda terdepan dalam menghadapi dan memerangi wabah pandemik Covid-19.


Kebiasaan saat berlebaran dengan memakai pakaian terbaik, karena itu saya memberikan kebebasan si kecil untuk memilih pakaian yang ingin dikenakan saat lebaran. Hal ini bertujuan menambah potensi prestasinya yaitu mandiri dan percaya diri.

Ohya, untuk menu lebaran yang khas dari keluarga saya adalah membuat ketupat ketan yang direbus dengan santan kelapa. Saya memberikan tugas kecil terhadap Azqia untuk mengisi selongsong ketupat dengan beras ketan, dan dia sangat senang melakukannya.


Aktivitas setelah lebaran, dengan melakukan rutinitas seperti biasa, dan saya ajarkan Azqia bercocok tanam lho!
Ide bercocok tanam ini saya dapatkan setelah membaca website www.generasimaju.co.id yang memberikan tips berkebun aneka tanaman dengan si kecil.


Selain berkebun, saya juga melibatkan si kecil untuk menyiapkan masakan sehat. Pasti nih, saat lebaran menu makanannya dominan bersantan dan manisnya aneka kue, nah, sekarang harus kembali makan menu masakan yang sehat dong, dan jangan lupa ya susu SGM Eksplor dua gelas per hari di pagi hari setelah sarapan dan malam menjelang tidur agar asupan nutrisinya tercukupi.


Terlepas dari wabah pandemik yang belum usai, kita semua harus selalu semangat, optimis dan berpikiran positif terus ya. Sedikit bisa diambil hikmahnya, dengan #dirumahaja membuat kita menjadi lebih dekat dengan keluarga dan terutama si kecil lho, bahagia ya bund.


Oke deh, masih dalam suasana Lebaran, saya ingin mengucapkan Selamat Idul Fitri, semoga pandemik ini cepat usai dan kita dapat beraktivitas seperti biasa, aamiin.

Jangan lupa ya bund untuk selalu pantau website www.generasimaju.co.id untuk mendapatkan informasi terkini terkait dengan kesehatan, nutrisi, ide permainan, ide masakan sehat, dan tumbuh kembang. Jangan ragu untuk menghubungi careline SGM di nomor 08001360360 sekiranya ada pertanyaan seputar nutrisi dan tumbuh kembang si kecil.

#SGMEksplor
#BersatudanKuat
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi