Tuesday, April 28, 2020

Tips Anak Generasi Maju tetap Fit dan Sehat selama Berpuasa

Assalamualaykum

Tidak terasa sudah memasuki bulan Ramadhan tahun 2020, bagaimana kabarnya bunda sekeluarga? Alhamdulillah, sebagai Mombassador SGM Eksplor yang terus mendukung pertumbuhan anak Generasi Maju, kabar saya baik dan selalu menjaga kesehatan demi keluarga :)

Bulan puasa tahun ini terasa berbeda ya bund, semenjak wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun dan masuk ke Indonesia medio Maret 2020, sontak semua aspek kehidupan berubah total.
Dari aspek agama, sosial, ekonomi, pendidikan mengalami perubahan.

Tarawih bersama di rumah

Sebagai orang Indonesia yang memiliki kebiasaan berkumpul dan bersosialisasi, tentu merasa asing dengan adanya aturan Physical Distancing, Sosial Distancing dan Lockdown. Tetapi, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kita harus taat peraturan agar kehidupan kita kembali berjalan seperti biasa.

Tips menjaga keluarga tetap fit selama puasa

Si kecil mulai belajar berpuasa ya bund? Pasti senang ya anak-anak mulai memperdalam ibadahnya. Nah, tugas kita sebagai seorang ibu untuk lebih memperhatikan terutama kondisi anak. Berikut tipsnya.

✓ Saat makan sahur dan berbuka puasa jika perlu menambah asupan multivitamin agar kondisi tubuh seluruh keluarga lebih fit dan sehat.

✓ Mengatur porsi makan secukupnya, lebih lengkap gizi dan seimbang.

✓ Perbanyak asupan buah dan sayur.

✓ Mengurangi makanan yang ekstrem rasa seperti pedas, asam, bersantan dan berminyak.

✓ Lakukan olahraga ringan setiap hari minimal 15 menit menjelang berbuka puasa.


Untuk si kecil yang sedang belajar berpuasa, jangan lupa untuk melengkapi asupan nutrisi yang baik dan gizi yang seimbang, bantu juga dengan minum susu 2 gelas perhari saat sahur dan berbuka puasa.


Manfaat dari asupan nutrisi yang baik untuk si kecil terutama di masa pandemi Covid-19 sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat, tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit, sehingga si kecil tetap selalu aktif dan dapat meraih potensi prestasinya.


Ada satu lagi yang tidak boleh dilupakan lho bund, yaitu menjaga kebersihan diri walaupun #dirumahaja. Salah satunya dengan mencuci tangan yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan air dan sabun selama 20 detik.
Biasakan mencuci tangan saat setelah melakukan aktivitas misal bermain, sebelum dan sesudah makan.




Ohya bund, jangan lupa untuk mengunjungi website www.generasimaju.co.id ya, karena disana banyak sekali informasi yang menarik terutama tentang tips disaat pandemi Covid-19, misal seperti ide aktivitas untuk si kecil agar tetap bisa berkreasi dan tetap ceria selama dirumah. Informasi tentang nutrisi dan tumbuh kembang anak yang diperlukan agar si kecil tetap sehat dan tumbuh optimal.

Selain websitenya, juga dapat berinteraksi langsung dengan Careline SGM di nomor 0800 1 360 360. Bunda semua bisa puas bertanya informasi nutrisi dan tumbuh kembang si kecil kepada pakarnya, sehingga tidak termakan isu simpang siur yang meresahkan.

Oke bunda, selalu semangat membersamai keluarga terutama demi buah hati tercinta, mari semua berdoa agar wabah pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, sehingga kita semua kembali beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

#SGMEksplor
#BersatudanKuat demi #GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PoinPrestasi




Sunday, April 12, 2020

Lindungi Anak Generasi Maju Dari Wabah Covid-19

Assalamualaykum

Sekitar pertengahan Januari 2020, dunia dikagetkan dengan wabah Virus Corona (Covid-19) yang mengerikan. Beredar di medsos video orang yang tiba-tiba jatuh dan meninggal akibat virus tersebut. Dan diawal Maret 2020, pemerintah Indonesia resmi mengumumkan adanya warga negara yang positif terjangkit Covid-19.


Saat itu pula, segala aspek kegiatan harian berubah total. Tengah Maret, menjelang diadakannya UTS anak-anak, sekolah diliburkan. Tepatnya kegiatan belajar mengajar sekolah dari rumah. Sebagai Mombassador SGM Eksplor yang memiliki dua anak yang aktif bersekolah dan seorang balita yang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi tentunya harus ikut menemani kegiatan belajar anak dong.


Setiap hari ada tugas dari sekolah yang hasilnya di foto atau dibuat video rekaman dan voice note untuk setor hafalan Alqur'an. Kegiatan yang berlangsung di jam pelajaran sekolah jadi seolah-olah anak sedang belajar di kelas.


Seru juga menjadi guru bagi anak-anak dirumah, walaupun memang pekerjaan dirumah menjadi lebih banyak ya bun, ditambah dengan bonus harus kreatif membuat aneka panganan terutama cemilan, karena anak-anak saya larang untuk bermain diluar rumah.


Banyak share di WA dan media sosial tentang wabah Covid-19, dan secara tidak disadari membuat panik, terutama dengan meningkatnya jumlah orang yang positif Covid-19, karena itu kita harus tetap berfikir positif dibarengi dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

Tips melindungi keluarga saat pandemi Covid-19

- Menikmati kegiatan #dirumahaja sebagai suatu rutinitas baru yang menyenangkan. Jika tidak ada urusan yang mendesak, sebaiknya dirumah saja.

- Taati peraturan, apabila jika harus pergi keluar, gunakan masker, pakai baju dan celana panjang yang dapat menutupi seluruh area tubuh.

- Jangan lupa untuk langsung ganti baju dan mandi saat sampai dirumah kembali.

- Olahraga ringan setiap hari


- Berjemur di pagi hari.

- Ajari kebiasaan baik kepada anak, salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun dan air dan apabila darurat saat susah mencari air, bisa menggunakan hand sanitizer.


Yang terpenting, selalu yakin bahwa diri sehat, bersama saling bersatu untuk kuat dan percaya dapat melewati situasi yang ada sekarang ini, tetap semangat dan optimis ya bun.

Jangan lupa untuk selalu mencukupi nutrisi dan asupan gizi seimbang untuk keluarga, dan hati-hati dengan beredar info yang simpang siur atau hoax terutama terkait dengan gizi dan tumbuh kembang buah hati yang ada hubungannya dengan Covid-19.


Kunjungi website www.generasimaju.co.id dan dapat juga menghubungi Careline SGM di nomer 0800 1 360 360 untuk informasi tentang gizi, tumbuh kembang dan tips lengkap terutama saat menghadapi pandemi Covid-19.

Harapan saya dan semua bunda semoga wabah pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, aamiin.
#MombassadorSGMEksplor
#BersatudanKuat demi #GenerasiMaju