Monday, November 30, 2020

Dukungan Orang Tua terhadap Potensi Prestasi Si Kecil

Assalamu'alaykum

Halo bunda semua, bunda si kecil calon anak generasi maju, apa kabar?
Sebagai Mombassador SGM Eksplor, tidak hentinya saya selalu berbagi kepada bunda semua cara dukung potensi prestasi si kecil agar semakin terasah dan tercapai. 

Bunda pasti masih ingat dong dengan lima potensi prestasi yang menjadi tolak ukur si kecil? Iyaa benar.. Berpikir cerdas kreatif, tumbuh kembang yang optimal, percaya diri, mandiri dan supel

Nah, saya ada tips aktivitas untuk lebih memaksimalkan potensi prestasinya nih. 

Kalau stimulasi untuk Cerdas dan Kreatif, Bunda dapat melakukan beberapa hal, seperti: 
- mengajarkan bicara dengan bahasa sehari-hari dengan jelas dan hindari bahasa bayi ya 👶

- ajak anak bermain tebak-tebakan  dan biarkan dia bereksplorasi dan berimajinasi dengan jawabannya, dijamin bunda akan tercengang dengan jawaban yang out of the box deh hehehe

Untuk Tumbuh Kembang Fisik si Kecil, yang bisa dilakukan di antara lain:
- Memberikan ruang yang aman untuk anak bergerak
- Memfasilitasi kebutuhan anak untuk bergerak seperti dengan menggunakan pakaian yang adem dan nyaman, menggunakan sepatu yang empuk dan ringan
- Biarkan dia mengeksplorasi lingkungannya dan selalu dalam pengawasan ya bund. 
- Memperbanyak kesempatan untuk beraktivitas fisik bersama anak, seperti bermain bola sambil melatih menangkap, melempar pasti seru. 

Untuk mengasah Percaya Diri si Kecil dapat dilakukan dengan cara:
- Memberikan kesempatan anak untuk memilih benda-benda atau kegiatan-kegiatan harian, seperti memilih baju yang akan dipakai misalnya. 
- Memberikan kesempatan anak melakukan tugas harian di rumah, menyapu, mengelap debu atau sekedar memasukkan baju kotor kedalam mesin cuci, pasti si kecil senang hati melakukannya. 
- Memberikan bimbingan dan kepercayaan untuk melatih kemampuan merawat diri misalnya dengan mandi dan gosok gigi sendiri. Tapi tetap selalu dalam pengawasan ya.. 
- saat si kecil menemui kesulitan, biarkan sejenak sampai dia dapat menyelesaikan masalahnya. 
- ajak anak berkompetisi positif. Nah, kalau Azqia ikuti lomba yang diadakan di sekolah kakaknya, dan Alhamdulillah menjadi juara pertama

Untuk menstimulasi Mandiri pada si Kecil, caranya:
- Berikan kesempatan anak mencoba berjuang dan berusaha, terutama ketika menghadapi situasi atau tugas yang menantangnya, di luar kebiasaannya dan sulit baginya.
- Ajak anak mengobrol dan berdiskusi mengenai situasi aktual yang terjadi di sekitar kita.  
- Jadilah contoh (role model) untuk tidak mudah menyerah, berani mencoba, dan menggunakan solusi-solusi yang sehat saat mengatasi masalah.

Dan stimulasi untuk Supel si Kecil yaitu:
- Variasikan kegiatan saat bersama anak, mulai dari kegiatan sehari-hari, bermain dengan jenis permainan yang memiliki aturan main sederhana, dan mudah dimengerti. 
- gunakan kalimat dan bahasa sehari-hari yang biasa digunakan saat berkomunikasi. 
- Ajak anak melakukan aktivitas permainan pretend play atau bermain pura-pura, kalau hal ini, Azqia paling senang diajak mainnya. Kadang jadi bu guru, jadi penjual pembeli, kapster atau pemilik salon, chef, dan banyak macam lagi. 

Nah bun, banyak ya ide menarik dan kreatif yang dapat bunda dan, si kecil lakukan dirumah untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jangan bingung untuk mencari ide permainan seru, karena sesungguhnya banyak sekali hal yang dapat di eksplorasi di sekitar kita untuk mengasah potensi prestasi si kecil walaupun dirumah saja.
Yuk bunda selalu semangat untuk sukung pertumbuhan dan perkembangannya, jangan lupa juga untuk mencukupi asupan nutrisinya dengan tambahan susu pertumbuhan SGM Eksplor 3+ Complinutri dua gelas per hari. 
#SGMEksplor
#BersatudanKuat
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PotensiPrestasi

No comments:

Post a Comment