Friday, September 1, 2023

Hunian Impian Dari Sinarmas Land, Wujud Nyata Konsep Livable City

Kota seperti apakah yang diimpikan untuk ditinggali? Seperti apakah kota yang diharapkan untuk menjadi tempat tumbuh bersama? Adanya faktor seperti kondisi sosial politik, keagamaan, dan budaya yang berbeda-beda merupakan hal yang menonjol yang dapat mempengaruhi perkembangan kota.


Perkembangan kota membuat terjadinya perubahan lingkungan. Jenis industri, kualitas perumahan, fasilitas ruang hijau dan peningkatan akses transportasi. perubahan lingkungan secara besar-besaran dapat memicu kerusakan lingkungan yang menjadi permasalahan suatu  kota.


Pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat tetapi tidak sejalan dengan jumlah fasilitas layanan infrastruktur untuk mewadahi aktivitas masyarakat sehari-hari di kota, kemacetan, kerusakan lingkungan membuat masyarakat kota tidak lagi merasa nyaman untuk tinggal di kota.


Livable City Concept! Suatu konsep yang dapat diterapkan agar  suatu kota dapat menjadi layak huni bagi penduduk yang tinggal didalamnya. Kota layak huni atau Livable City adalah dimana dapat menampung seluruh kegiatan masyarakat, aman, nyaman dan tenang dalam suatu kota. Konsep Livable City digunakan untuk mewujudkan bahwa gagasan pembangunan sebagai peningkatan dalam kualitas hidup membutuhkan fisik maupun habitat sosial untuk realisasinya.


Menurut Suzanne Crowhurst Lennard, Prinsip-Prinsip Kota Layak Huni diantaranya adalah:


  1. Ketersediaan sarana kebutuhan dasar (perumahan, air, listrik, dsb)

  2. Ketersediaan fasilitas publik (transportasi, taman-taman kota, fasilitas beribadah, kesehatan, pendidikan, dsb)

  3. Ketersediaan ruang publik dan tempat berinteraksi bagi masyarakat

  4. Keamanan

  5. Dukungan fungsi ekonomi, sosial, dan budaya di kota

  6. Sanitasi


Dalam mewujudkan konsep Livable City harus didukung dengan kota berkelanjutan agar perencanaan ruang kota dapat terwujud sesuai rencana. Dalam hubungan keberlanjutan adalah kemampuan untuk mempertahankan kualitas hidup yang dibutuhkan oleh masyarakat kota saat ini maupun masa depan.


Sejalan dengan itu, timbul pertanyaan apakah konsep Livable City dapat diterapkan di Indonesia, dan jawabannya BISA!


Sinar Mas Land merupakan salah satu pengembang terbesar di Tanah Air yang menyediakan beragam produk properti berkualitas. Mulai dari kota mandiri, perumahan, kawasan komersial dan industri, hotel hingga resor wisata. 

 

Beberapa perumahan Sinarmas Land yang terkenal bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, hingga Surabaya.


Sinarmas Land kembangkan konsep Livable City dengan mengusung konsep eco building yang mengacu pada empat pilar livable city, yaitu Live, Learn, Work, dan Play.


  • Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat,seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan.

  • Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.

  • Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industri serta area komersial.

  • Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, sepert, pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.


Salah satu proyek perumahan dari Sinarmas Land yang Livable City adalah BSD City yang terletak di Banten.

Berikut sekelumit wujud nyata dari implementasi Livable City Concept nya

  • Terintegrasi dengan fasilitas berbagai pilihan akses jalan tol, intermoda BSD, KRL Commuter Line, Trans BSD, TransJakarta, Angkot, dan kedepannya MRT.

  • Memiliki beberapa macam pilihan tipe hunian cluster dan apartemen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup.

  • pusat perbelanjaan seperti Lulu Hypermarket, Pasar Modern BSD, ÆON Mall BSD City, The Breeze, Teras kota, QBIG BSD City, Gramedia World BSD City.

  • pusat pendidikan diantaranya Prasetiya Mulya Bussiness School, Sinarmas School Academy, BINUS School Serpong, German School Jakarta, Sekolah St. Ursula BSD, Sekolah Ora et Labora BSD, Sekolah Al Azhar BSD, SDN Rawabuntu 1, 2, dan 3, Universitas Prasetita Mulya, Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.

  • Kawasan perkantoran seperti BSD Green Office Park, Sinarmas Land Plaza BSD, Wisma BCA BSD, Einstein at EduTown, CBD BSD Commercial Park, Sunburst Office Park, Graha Telkom.

  • Pusat hiburan dan rekreasi seperti Indonesia Convention Exhibition, Ocean park Water Adventure, Hotel Santika BSD, Taman Kota BSD, Greenwich Business Park, ICE Business Park, North Point Navapark.

  • Fasilitas sarana ibadah dan Rumah Sakit yaitu Eka Hospital, Rumah Sakit Medika BSD

Kebayang ya bagaimana hidup berkelanjutan jika tinggal di BSD City Tangerang. Tinggal dalam area yang sudah terfasilitasi secara lengkap, dekat dan terpercaya. Aaaah, bolehlah berharap, suatu hari saya dan keluarga bisa tinggal di salah satu hunian cluster BSD City, dan hanya 1 kata dari saya, PERFECT!!

Baca juga: 

https://www.sinarmasland.com/development/township/









No comments:

Post a Comment