Saturday, September 19, 2020

Cara Seru Dukung Prestasi Anak Generasi Maju

Assalamualaykum

"Hai Frogy, kamu lagi apa? "
"Hai juga Teddy, aku lagi main nih, kamu ikutan main juga yuk..! "
Hihihi, seru lho bun intipin Azqia yang sedang main dengan boneka tangan kesayangannya. Lihat tuh ekspresinya, serius sekali ya.

Sebagai Mombassador SGM Eksplor, saya selalu mendukung aktivitas kesehariannya dan mencari informasi tentang kegiatannya, apakah sesuai dengan tumbuh kembangnya atau tidak. Nah, saat bermain boneka tangan tersebut, saya sempat agak kuatir karena melihat Azqia kok ngomong sendiri yaa.. 

Self talk atau berbicara sendiri adalah aktivitas pembicaraan yang biasanya dilakukan oleh anak dan ditujukan kepada dirinya sendiri atau bukan pada siapapun secara khusus.

Psikolog berpendapat bahwa self talk atau aktivitas berbicara sendiri yang dilakukan oleh anak adalah salah satu tanda perkembangan kognitif dan hal ini dianggap normal. Aktivitas ini bisa disebut sebagai perwujudan dari rasa keingintahuan seorang anak dan kesediaannya untuk mengeksplorasi dan belajar.

Alhamdulillah, ternyata aktivitas yang Azqia lakukan malah merupakan poin tersendiri bahwa dia sudah mulai siap belajar. 

Jika diukur dari 5 potensi prestasi, bermain boneka tangan termasuk di dalamnya lho. Tau kan bunda, apa saja sih 5 potensi prestasi itu? 

* Berpikir cerdas dan kreatif

* Tumbuh Kembang

* Mandiri

* Percaya diri

* Supel

Nah, saat bermain boneka tangan sambil berbicara sendiri, ternyata manfaatnya adalah merangsang komunikasi sosial, cara untuk mengenali diri dan salah satu cara untuk mengingat. Cara berpikirnya juga semakin kreatif, karena dia bisa berperan menjadi dua tokoh sekaligus.

Kegiatan yang menarik walaupun dari rumah saja tetap harus dilakukan ya bun, karena akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan diri si kecil. 

Belajar mengenal warna, membaca dan mewarnai termasuk salah satu kegiatan yang disenangi Azqia. Banyak cara untuk memperkenalkan aneka warna kepada si kecil. Bola plastik beraneka warna seru lho jika dijadikan permainan mengenal warna. Mewarnai tentu juga merupakan cara terbaik untuk mengenalkan aneka warna pada si kecil. 

Membaca juga merupakan aktivitas yang disenangi Azqia. Karena sering mengikuti kakaknya mengerjakan PR, Azqia mulai tertarik membaca. Saya sediakan buku bacaan bergambar yang menarik untuk dibaca.

Semua kegiatan keseruan si kecil yang baik sangat berpengaruh untuk meningkatkan potensi prestasi si kecil, jadi selalu lakukan stimulasi terus menerus agar tumbuh kembangnya menjadi lebih baik ya bun. 

Nah, saat si kecil sedang melakukan aktivitasnya, pasti bunda senang mengabadikannya melalui foto dong ya? Sama dong kayak saya, hehehe. 
Kalau begitu, yuk ikutan kompetisi #PrestasiGenerasiMaju yang diadakan oleh SGM Eksplor. Bunda bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan Paket Edukasi Generasi Maju dari SGM Eksplor lho. 

Tertarik dong untuk ikut kompetisinya? 
Segera liat syarat dan ketentuannya melalui link bit.ly/PrestasiGenerasiMaju yaa... 
Siapkan foto terbaik si kecil dan bersiap menjadi salah satu pemenangnya ☺☺

#SGMEksplor
#BersatudanKuat
#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#PotensiPrestasi









No comments:

Post a Comment