Thursday, October 29, 2020

Dukung Pertumbuhan Anak Generasi Maju dari aspek pendekatan emosional anak.

Assalamu'alaykum

Sebagai Mombassador SGM Eksplor, saya selalu memperhatikan tumbuh kembang anak saya, anak generasi maju calon penerus masa depan bangsa. Ciyee, berat banget ya bahasanya, hehehe

Pada awal tumbuh kembang, anak menjalin hubungan timbal balik dengan orang-orang yang mengasuhnya. Interaksi anak dengan orang terdekat memengaruhi optimalitas perkembangan emosi dan sosial anak.

Meskipun umumnya anak mengalami tahapan perkembangan emosi sama, kecepatan perkembangan emosi anak akan berbeda satu dengan lain. Pengalaman belajar anak adalah salah satu yang memiliki dampak penting bagi perkembangan emosi anak.


pendekatan emosional adalah salah satu usaha untuk menggugah perasaan dan emosi anak dalam meyakini, memahami dan menghayati ajaran agamanya. Karena itu, saya membiasakan untuk melakukan rutinitas kegiatan ibadah secara bersama. 


Pengekspresian emosi merupakan bentuk komunikasi sehingga anak dapat menyatakan segala kebutuhan dan perasaannya pada orang lain. 

Sebagai contoh, anak yang merasakan sakit atau marah biasanya mengekspresikan emosinya dengan menangis. Menangis ini merupakan bentuk komunikasi anak dengan lingkungannya pada saat ia belum mampu mengutarakan perasaannya dalam bentuk bahasa verbal. Demikian pula halnya ekspresi tertawa terbahak-bahak ataupun memeluk ibunya dengan erat.


Untuk mengasah potensi prestasi anak yaitu berpikir kreatif, tumbuh kembang, mandiri, percaya diri dan supel, pendekatan emosi perlu diperhatikan agar kita bisa memahami model cara belajar anak. 

Seperti anak saya yang pertama, dia lebih suka untuk belajar dengan ditemani saya, sambil diberikan contoh yang nyata disekitarnya. Misal saat belajar rumus lingkaran, sekalian saya praktekkan dengan putaran roda sepeda, menghasilkan jarak sekian, dan sebagainya. 

Kalau anak yang kedua, cara belajarnya adalah dengan beraktivitas seru, tidak bisa diam. 

Anak yang ketiga sangat suka meniru dengan orang disekitarnya. Apapun yang kakaknya lakukan, pasti ingin diikuti juga. 

Namun, walaupun cara belajar ketiga anak berbeda, namun tetap satu hal yang harus diperhatikan adalah bonding atau ikatan yang kuat, sehingga saya selalu berusaha untuk menyediakan waktu sesering mungkin bersama anak untuk saling bercerita dan bercengkerama. 


Nah yang penting, selain dari pendekatan emosional terhadap anak, tidak lupa juga untuk memberikan nutrisi yang baik dong. Anak susah makan sayur? Sepertinya itu problematika hampir semua bunda yaa.. Tetapi ada lho beberapa tips agar anak suka makan sayur. 


Kalau tips dari saya, yang terpenting adalah jadikan diri kita role model bagi anak. Saya suka agak  lebay ☺ saat sedang makan sayuran. Ekspresi yang kelihatan menikmati sayuran biasanya membuat anak saya jadi tertarik mencobanya. Bahkan anak kedua dan ketiga saya suka banget makan sayur yang dicolek sambal terasi lho. 


Buat hidangan yang bervariasi dengan olahan sayur. Misal dengan membuat nugget sayur, omelet bayam, bakwan sayur ataupun mengiris sayur dalam bentuk yang menarik. Jangan lupa untuk melibatkan kegiatan masak bersama anak sehingga lebih seru pastinya.

Dan untuk menambah asupan nutrisinya tentu saja sempurnakan dengan susu SGM Eksplor Complinutri yang mengandung omega 3&6 dan zat gizi penting lainnya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. 

#MombassadorSGMEksplor

#PotensiPrestasi


Monday, October 19, 2020

Ide Permainan Seru? Website Generasi Maju aja!

Assalamu'alaykum

Hiburan anak generasi maju biasanya apa bun kalau sudah di akhir pekan? Kalau biasanya suka jalan-jalan bareng keluarga atau sekedar makan diluar yaa. Tapi selama pandemi Covid-19 belum selesai, jadi tidak bisa ke mana-mana, hanya dirumah saja. 

Walaupun hanya dirumah saja, sebagai Mombassador SGM Eksplor, saya akan mencari ide permainan yang menarik agar anak-anak tetap betah dan ceria menjalani kegiatan kesehariannya. 

Permainan yang bukan hanya menarik tetapi juga dapat mengasah 5 potensi prestasinya. 
Apa saja sih 5 potensi prestasi itu? 
1. Berpikir cerdas dan kreatif
2. Dukung tumbuh kembang
3. Percaya diri
4. Mandiri
5. Supel
Kelima poin diatas penting untuk diasah agar kelak anak bisa tumbuh menjadi generasi maju. 

Contoh ide permainan yang sederhana, misalnya:
# Agar si kecil berpikir kreatif, permainan teka-teki, menyusun rangkaian kata, menyembunyikan benda di rumah dan meminta si Kecil mencari dengan petunjuk tertentu
# untuk tumbuh kembangnya, aktivitas seperti bermain bola, berlari kecil, berjalan di papan titian bisa menjadi permainan seru. 
# membiarkan si kecil memilih mainan yang akan dimainkan akan menambah rasa percaya diri dan kemandiriannya. 
# agar si kecil supel, melakukan video call dengan keluarga besar, juga mengajak si kecil bercakap-cakap agar kemampuan komunikasinya berkembang lho. 

Nah, kalau ingin banyak info referensi ide permainan yang seru, coba deh buka website Generasi Maju. Begitu banyak ide yang saya dapatkan di https://www.generasimaju.co.id/bermain-bersama-bunda diantaranya adalah membuat boneka kertas. 

Cara buatnya mudah banget. Hanya perlu menyediakan boks susu SGM Eksplor, spidol dan gunting. Azqia suka banget membuat kreativitas ini. Hasil kreasinya dijadikan pembatas buku, hiasan pensil dan tempelan kulkas setelah diberi magnet kecil. 
Bagus ya? 

Nah, kalo kreativitas membuat sablon sederhana sebenarnya adalah  tugas sekolah dari kakaknya Azqia, dan Azqia ga mau ketinggalan untuk mencoba membuatnya. 
Hanya membutuhkan sikat gigi, pewarna, kertas dan pola yang akan dicetak, kali ini yang digunakan adalah daun. 

Ohya, setiap bunda sekarang sudah pasti tidak terpisahkan dari gadget ya, dan punya instagram dong. Nah, jangan ketinggalan juga nih untuk memfollow akun @akuanaksgm ya, akun resmi SGM Eksplor. 
Info dan konten menarik seputar tumbuh kembang dan nutrisi si kecil dikupas tuntas dan dibahas secara mendetail.
Pokoknya, bunda gaul yang up to date dengan informasi terkini untuk si kecil tidak akan ketinggalan deh. 

#potensiprestasi
#mombassadorsgmeksplor

Talkshow Seru Ina Rachman di Wedding Batak Exhibition 2024

Pernikahan, merupakan suatu hal yang sakral, dimana semua calon pengantin ingin menggelar perhelatan yang meninggalkan kesan yang mendalam d...